img_head
BERITA

SIDANG TERPADU PENGADILAN AGAMA WONOSARI DI KECAMATAN PALIYAN

Nov02

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 670 Kali


Untuk kesekian kalinya Pengadilan Agama  Wonosari  mengadakan sidang terpadu. Pelaksanaan sidang terpadu kali ini bertempat di desa Karang Asem, Kecamatan Paliyan, kabupaten Gunungkidul dan berjalan dengan sukses. Sidang terpadu untuk penyelesaikan perkara Itsbat Nikah tersebut merupakan kerjasama antara Kementerian Agama Kab. Gunungkidul melalui Kantor Urusan Agama, Dukcapil Kab. Gunungkidul dan Biro TAPEM Provinsi DI. Yogyakarta pada Jum’at, 23/09/2016.

pelaksanaan isbat nikah tersebut diikuti 53 pasangan yang mayoritas usia 50 tahun keatas yang berasal dari 2 desa yakni Desa Karang Duwet dan Karang Asem.

Tujuan diadakanya Isbat nikah sendiri adalah untuk menjamin hak-hak hukum para pihak tersebut sebagai pasangan resmi secara hukum . Selama ini diketahui para pihak tersebut hanya melakukan nikah secara agama dan tidak tercatat di pemerintahan. Dalam pelaksanaan sidang terpadu ini, penetapan itsbat nikah langsung dikeluarkan sesaat setelah perkara diputus oleh Hakim Tunggal.

Langkah selanjutnya penetapan itsbat nikah diserahkan kepada pihak untuk disampaikan ke petugas KUA dan oleh petugas KUA dilakukan verifikasi data dan kemudian dikeluarkan buku nikah. Selanjutnya buku nikah tersebut diserahkan kepada para pihak untuk dibawa ke petugas Dinas Dukcapil untuk permintaan penerbitan akta kelahiran anak.